Makna rahmat dan barokah
by Sumarno Adi Subrata - Thursday, 15 May 2008, 07:43 AM
 

Makna rahmat dan barokah

 

 Setiap orang tentunya pernah mendengar kalimat seperti ini atau bahkan anda sering mendapat ucapan seperti ini “semoga Alloh merahmatimu” atau “semoga Alloh selalu memberi barokah kepadamu” atau kalimat lain yang semisal. Kalimat tsb adalah sebuah do’a yang ditujukan kepada orang lain atas perwujudan rasa kasih sayangnya dia kepada anda karena orang yang menyayangi sesamanya akan memberikan apa-apa yang terbaik baginya meskipun pemberian itu berupa do’a yang selalu diucapkannya dan dia tidak akan pernah merasa bosan untuk mengatakannya sekalipun dia mengucapkannya tanpa sepengetahuan anda. 

 Mungkin anda bertanya-tanya “Sebenarnya makna rahmat dan barokah itu apa sih?” maka bisa dijawab seperti ini, bahwa:

a. Rahmat adalah semoga Alloh mengampuni dosa-dosa anda yang telah lalu, memberikan pertolongan kepada anda, serta melindungi anda dari dosa-dosa di masa mendatang. Sekilas tentang makna tiap kalimat:

1. Semoga Alloh mengampuni dosa-dosamu. Maksudnya, semoga Alloh benar-benar mengampuni dosa anda. Entah itu dengan menghapuskannya dari catatan malaikat atau dosa anda benar-benar diampuni. Setiap manusia baik itu anda dan saya tentunya pernah berbuat dosa baik dosa kecil ataupun dosa besar dan satu dari sekian banyak nikmat yang tak terhitung adalah diampuninya dosa-dosa. Jika dosa anda terampuni semuanya maka anda tidak akan merasakan siksa dineraka karena dosa anda. Jika dosa anda terampuni sebagian besar maka anda akan tetap disiksa dineraka akan tetapi siksaanya lebih ringan dibanding jika dosa anda terampuni sebagian kecil. Akan tetapi satu yang penting, meskipun anda masuk neraka kemudian disiksa karena dosa anda namun jika ketika meninggal dunia anda tidak membawa dosa syirik maka anda tidak kekal dineraka dan bisa masuk surga kemudian anda kekal didalamnya.

2. Semoga Alloh memberikan pertolongan kepada anda. Maksudnya, Alloh benar-benar akan menolong anda disaat anda benar-benar membutuhkan pertolongan. Misalnya, hari ini anda kehabisan uang kiriman dari orang tua kemudian anda benar-benar merasa sangat lapar bahkan anda sempat bingung mau berbuat apa. Kemudian tanpa diduga-duga, ada seorang teman ingin mentraktir makan anda. Lantas apa yang anda lakukan? Penuhi permintaanya, ucapkan ‘Alhamdulillaah’ dan ucapkan kepada teman anda ‘jazzakallohu khoir’. Dan itulah satu dari contoh pertolongan Alloh kepada anda.

3. Semoga Alloh melindungi anda dari dosa-dosa dimasa mendatang. Maksudnya, Alloh memberi hidayah kepada anda atau Alloh memberi pemahaman agama yang baik kepada anda karena “barangsiapa dikehendaki Alloh kebaikan maka dijadikannya memahami agama” (Hadits Shohih Riwayat Bukhori). Seseorang yang memiliki pengetahuan agama yang baik tentunya akan mengerti mana perkara mengandung dosa dan mana perkara yang mengandung pahala sehingga dia akan meninggalkannya atau dia akan melakukannya.

b. Barokah adalah kebaikan yang banyak atau kebaikan yang tetap dan tidak hilang dan barokah hanya berasal dari Alloh (tidak dari orang-orang yang telah meninggal dunia) dan barokah diberikan Alloh kepada hamba atau sesuatu makhluk yang dikehendakiNya. 

Misalnya:

1. Al Qur’an Kitabulloh mengandung barokah yaitu dengan anda membaca, memahami dan mengamalkannya.

2. Mungkin ketika anda ingin berangkat kuliah di Jogja orang tua anda mengucapkan demikian “Semoga ilmu yang kamu pelajari berkah ya nak”. Maksud dari ucapan orang tua anda adalah semoga ilmu yang anda pelajari itu diberi kebaikan oleh Alloh, baik bagi anda sendiri ataupun orang lain. Semisal, orang lain bisa mengambil manfaat banyak dari ilmu anda atau dengan ilmu tsb anda bisa banyak membantu orang lain atau meringankan masalah orang lain.

3. Jika ada seseorang mengucapkan demikian kepada anda “semoga Alloh selalu memberkahimu” maka maksud dari ucapan tsb adalah semoga Alloh selalu mendatangkan kebaikan bagi anda. Entah itu anda dicintai banyak orang, anda memperoleh rezeki yang halal, anda menjadi orang yang sabar, anda mempunyai ucapan lisan yang baik, anda istiqomah dalam mejalankan islam, anda mendapatkan pekerjaan yang baik dan segala bentuk kebaikan-kebaikan lain yang jumlahnya tak terhitung.

 Wallohua’lam.

Semoga Alloh selalu memberikan rahmat dan barokahNya kepada kita semuanya.

Alhamdulillaah.