Apa itu ‘Arsy dan Kursiy Allah?
by Sumarno Adi Subrata - Monday, 16 March 2009, 01:35 PM
 

Apa itu ‘Arsy dan Kursiy Allah?

 

Setiap manusia mempunyai tempat tinggal yang digunakan untuk istirahat, bersantai-santai dengan anggota keluarga serta melakukan aktifitas-aktifitas harian lainnya. Begitu juga dengan Allah azza wa jalla, Dia juga mempunyai tempat tinggal layaknya Anda yang digunakan untuk mengawasi makhlukNya, memberikan keamanan kepada mereka dan melihat mereka. Allah berfirman dalam surat Thoha ayat 5 yang artinya : "Allah Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy". Akan tetapi tempat tinggalNya berbeda jauh dengan tempat tinggal milik Anda dirumah. Jika rumah Anda mempunyai rumah yang berukuran 100 meter dan indah maka rumah milik Allah lebih besar ukurannya dan jauh lebih indah. Tepat tinggal Anda sering dinamai dengan nama-nama tertentu semisal rumah no sekian tipe sekian. Begitu juga dengan tempat tinggal Allah azza wa jalla, dia juga mempunyai nama yaitu ‘Arsy. Beberapa riwayat shahih dibawah ini akan menjelaskan betapa mengagumkannya ‘Arsy milik Allah azza wa jalla:

1. ‘Arsy Allah berada diatas air

Rosululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:"Arsy itu di atas air, sedangkan Allah di atas 'Arsy dan Dia mengetahui apa yang kamu di atasnya" (Hadits Shahih riwayat Abu Daud).

Jadi ‘Arsy adalah sebuah tempat persemayaman Allah yang berada di atas air. Maksudnya, langit yang sering Anda lihat ternyata bertingkat-tingkat hingga mencapai tingkat yang ke tujuh dan tiap tingkat mempunyai pintu kemudian diatas langit ke tujuh itu ada kursiy dan diatas kursiy itu ada air dan diatas air itulah, Arsy Allah azza wa jalla. Sebuah hal yang sangat mengagumkan, bahwa jarak antara langit dengan langit, langit ke tujuh dengan kursi, kursi dengan air dan air dengan arsyNya adalah 500 tahun perjalanan (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Khuzaimah, Thabrani dan Ibnu Mahdi).

Anda bisa bayangkan betapa jauhnya jarak tsb!!

2. ‘Arsy Allah dipikul oleh Malaikat

Rosululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:"Telah dizinkan kepadaku untuk bercerita tentang seorang dari Malaikat-Malaikat Allah azza wa jalla yang bertugas sebagai pemikul ‘Arsy, bahwa jarak antara daun telinganya sampai ke bahunya adalah sejauh perjalanan 700 tahun. (dalam riwayat lain:700 tahun burung terbang dengan cepat) (Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu).

Betapa besar Para Malaikat yang memikul ‘ArsyNya!!

Dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, tentang ayat tsb "Kursiy ialah tempat meletakkan kaki Allah…" (Hadits Shahih dalam Kitab Silsilah ahaadits ash-shahiihah dari shahabat Abu Dzar al Ghifari Radhiyallahu anhu)

Dan Kursiy adalah Makhluk Allah. Kata "kursiy" tidak ditafsirkan sebagai "Ilmu" sehingga maknanya menjadi "IlmuNya meliputi langit dan bumi" dan ini adalah penafsiran yang salah sebagaimana yang telah dijelaskan secara ringkas oleh Syaikh Fauzan -semoga Allah menjaganya- (beliau adalah seorang ulama besar di Saudi Arabia) dalam syarah beliau terhadap kitab Al Aqidah Thahawiyah karya Abu Ja’far ath Thahawi -semoga Allah merahmatinya-.

Jadi ringkasnya, "kursiy Allah" adalah tempat dimana Allah azza wa jalla meletakkan kakinya. Dan ini menjadi dalil bahwa Allah azza wa jalla mempunyai kaki akan tetapi kaki Allah azza wa jalla tidak sama dengan kaki Anda atau saya atau kaki-kaki makhluk lainnya. Karena Allah Ta’ala telah berfirman dalam surat Asy-Syuura ayat 11 yang artinya:"Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia…"

Demikianlah sedikit penjelasan tentang ‘Arsy dan kursiy Allah azza wa jalla.

Semoga Allah senantiasa menambahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita semua

Walhamdulillaah…

.

Kemudian Apa itu Kursiy Allah???Sebagaimana dalam firman Allah surat Al Baqarah ayat 255 yang artinya:"Kursi Allah Meliputi langit dan bumi". Apakah itu sebuah kursi seperti yang kita duduki setiap hari??